Sahabat

Sahabat adalah mereka yang tahu semua kekuranganmu, namun tetap memilih bersamamu ketika orang lain pergi meninggalkanmu.

Rencanamu

Segera laksanakan rencana keberhasilanmu di hari ini, jangan tunda lagi, jangan buang waktu, karena waktu tidak bisa menunggu.

Hidup

Hidup ini bukan tentang apa yang dipikirkan mereka yang membencimu, namun tentang apa yang dipikirkan Tuhan yang menyayangimu.

Menulis

Tulislah apapun yang sedang kamu pikirkan walaupun hanya sebaris!

Monday, 28 August 2017

Abacip



Andaikan
setiap orang adalah tukang sampah, mungkin
Bumi akan jadi lebih hangat
Mungkin juga tidak

Abacip bangun petang
saat manusia belum tidur,
mencari hati
yang hilang.
Mujud ciptaan kepalanya
berganti bila digenggam. Lebih sering dari setan berubah jadi-jadian.

Aku senang tak pernah bisa
menggenggam apa-apa. Tapi tetap, kehilangan. Atau aku mengecap terlalu banyak, dengan pori-pori di sekujur

jasmaniku?

Abacip
kehilangan sumur di mata, pipi keriputnya sendang tandus yang basah. senyum di tàngan kakinya mengorek
kubangan komor, tempat berpesta
tuan nona dengan tari larva
yang menggemaskan tikus-tikus

jelata.

Sunday, 27 August 2017

Hanya (mungkin)



Perjalanan ini
terlalu panjang
Untuk kusantap dengan
lidahku.


Aku berlari saat tertidur
atau (mungkin)
tertidur saat mengejar bayanganku
sendiri, yang lebih nyata
dari sekadar wajah
dipantul cermin

Mataku mendengar suara
yang takpernah kau katakan
karena
liang kupingku kebas menyecap duli
yang berbusa-busa
dari dalam lambung buncit


yang mengais iba.
Aku ingin bicara
pada telinga
sendiri, sedang bibirku sibuk mengunyah karbon di jalan
raya.


Kata-kata yang tak kumengerti
artinya, kadang terlahir tanpa aba-aba. Dari rahim yang kosong


di dalam kepala.
Aku menuju engkau
yang terus berjalan dan tak pernah


sampai. Agar mampu kunikmati
hasrat untuk melihatmu
dari jarak yang


kubenci. Aku terkadang hanya ingin
memuja sosok
yang tak kukenal.


(mungkin) diriku
Sendiri


Sunday, 6 August 2017

Realisme Sosial dan Perang Aksara: Review Cerpen Uncle Ik



Sejarah dunia berlangsung dalam dikotomi perang dan harmoni. Perang sendiri adalah sebuah siklus yang hampir tak pernah putus, ibarat ayam dan telur, telur atau ayam. Entah mana yang lebih dahulu, perang yang menciptakan neraka dunia, atau setan-setan yang menyulut perang.

Monday, 31 July 2017

COLLAPSE


Seorang sosiolog, Andi Basti Tetteng, menilai fenomena bunuh diri belakangan ini meningkat. Diperkirakan, ada 82 orang Indonesia yang bunuh diri setiap harinya.”


‘Sok tahu!!’ batinku menimpali


“lni berita terbaru! koran online, Mei 2017. Kamu mau membaca sendiri atau kubacakan? baiklah kubacakan saja!”

Sunday, 30 July 2017

Jurus Mengusir Writer's Block



Writer's block (selanjutnya kita sebut WB ya!), makanan apa tuh?


Menurut kamus sejumput umat Wikipedia, WB adalah keadaan di mana seorang penulis mendadak jadi kesulitan mengekspresikan ide dalam tulisan. Buntu, kaku, gelap, mendung, langit berguncang, petir menyambar (eh ini apa sih?). Yah gitu lah maksudnya: mandeg, tidak produktif.

Saturday, 29 July 2017

Academic Writing 2: H-1



Dulu saya beranggapan, ngapain sih ke Pare? Mending belajar sendiri! Mending ikut les English yang jelas-jelas aja (Tapi bayarnya mihil sih, hiks).


Itu dulu, pas saya ngantar anak-anak murid pertama kali di sebuah lembaga English, dan taunya mereka cuma diajar anak2 magang. Kecewa banget rasanya. Apalagi saat selesai program dan balik schooling, hasilnya nggak ngefek-ngefek banget selain punya teman (even pacar) baru. Duh!

Wednesday, 26 July 2017

Buku Panutan


Apakah anda sudah menemukan gaya menulis? Bagaimana cara menemukannya?


Kata Pak Guru iik, "gampang!" lihat saja perpustakaanmu dan temukan tulisan siapa yang paling banyak bersandar di rak. Cara yg lain? Temukan siapa penulis yang ketika kamu membaca kamu berada di puncak angan-angan untuk jadi penulis.
Wow, just as simple as that? Really?